Minggu, 26 Desember 2010

Lomba UKS tingkat Nasional

SMPN 2 BEBANDEM MELAJU KE LOMBA UKS PROPINSI                                                     

Amlapura - SMPN 2 Bebandem Kecamatan Bebandem akhirnya berhasil mewakili Kabupaten Karangasem dalam Lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ke tingkat Propinsi Bali, dinilai Tim Penilai Propinsi Bali dipimpin I Wayan Niti Karnasih Kepala Bagian Kesra Pemprop. Bali mewakili Kepala Biro Kesra Setda Propinsi Bali I Gusti Putu Yudi Arnawa, SH (20-10-2010) di SMP setempat.

Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMPN) Negeri 2 Bebandem Drs. Ida Bagus Putu Pinatih, melaporkan, tujuan mengikuti Lmba UKS adalah untuk meningkatkan kebersihan ruang belajar dengan tenang dan nyaman, untuk dapat mengembangkan potensi akademik dan non akademik sesuai dengan tujuan pendidikan. Guna mecapai kualitas kesehatan peserta didik dan seluruh warga sekolah kebiasaan hidup bersih dan menjaga kesehatan diri serta lingkungan menjadi prioritas utama sejak berdiri tahun 1987. Penataan lingkungan yang asri dan sehat akan membentuk kultur hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan meraih prestasi dari sekolah potensial menjadi sekolah berstadar nasinal dengan meraih juara 2 lomba perindangan tingkat Kabupaten. Menghadapi lmba UKS sekolah mendapat bantuan pemerintah dan sumbangan dari DPRD, guru, tkh masyarakat, rang tua siswa untuk bekerjasama memberikan dukungan kepada sekolah.
Invasi proses belajar diupayakan dari kesehatan sekolah yang lebih berkualitas baik akademis maupun non akademis. Pembinaan materi pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler terus dikembangkan untuk menggali potensi siswa, sedangkan prestasi bidang akademik masuk 20 besar olimpiade sains 20. Prestasi non akademik antara lain Juara I Lomba Gerak Jalan putra tingkat Kecamatan, Juara III Gerak Jalan Putri dan Juara I Lmba Pidarta Base Bali. Ditingkat Prpinsi meraih Juara I Lomba Mapidarta 2 tahun berturut-turut dalam PKB maupun Prseni, Lomba Baleganjur juara Harapan III, Lomba Balap Sepeda putrid Juara I dan Lomba Balap Sepeda Sepeda Putra Juara III. Sedangkan prestasi guru dalam bidang akademik tingkat kecamatan menyandang Juara II Guru Teladan dan Juara 2 Lomba Paduan Suara. Ditingkat Kabupaten menyandang Juara 2 Guru teladan, Juara I dalam Lmba Invasi Pembelajaran, Juara 2 dalam Lmba ICT, Pembina limpiade Matematika
Untuk menunjang mutu sekolah SMP 2 Bebadem baru memiliki akses internet sebagai sumber belajar, namun selama ini belum memiliki fasilitas memadai dibidang Ruang Kelas, Ruang Guru, Aula, Perlengkapan Laboratorium IPA, Lab Komputer, Lab Multimedia Ruang TU dan Ruang Kepala Sekolah.
Ketua Tim penilai I Wayan Niti Karnasih Kepala Bagian Kesra Pemprop Bali mewakili Kepala Biro Kesra Setda Propinsi Bali I Gusti Putu Yudi Arnawa, Kegiatan lomba diharapkan memberikan motivasi tiap sekolah meningkatkan derajat kesehatan dan anak didik. Keberhasilan meraih prestasi merupakan salah satu indikator meningkatnya kepedulian dan komitmen terhadap masalah pendidikan dan kesehatan anak didik serta adanya keterpaduan dan kekompakan antar sektor terkait, Komite Sekolah dan masyarakat untuk menyukseskan program UKS.
Melalui lomba UKS diarahkan untuk dapat mengajak masyarakat melaksanakan Tri Aspek UKS meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah serta menigkatkan prilaku hidup bersih dan sehat untuk mencapai prestasi optimal. Program UKS merupakan salah satu implementasi dari visi Bali Mandara yang tertuang dalam misi. PHBS itu sendiri merupakan salah satu indikator keberhasilan program UKS sudah tentu untuk mendukung Program Bali Clean And Green yang dicanangkan Pemprop Bali untuk menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan mendukung terwujudnya kesehatan masyaraklat sehingga visi - misi UKS sejalan dengan visi Bali Mandara.
Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, SH dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Bupati I Made`Sukerana, SH mengatakan, berdasarkan kebijakan pemerintah yang diprakarsai 4 Kementrian dalam menangani pembinaan dan pengembangan kesehatan sekolah melalui UKS. Lomba UKS tidak semata untuk mencari juara, melainkan untuk prilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan sehat. Selanjutnya program UKS diharapkan dapat mengimbas dan dikembangkan di rumah tangga maupun dilingkungan tempat tinggal untuk dapat dicontoh masyarakat lingkungannya. Pemkab Karangasem senantiasa mendukung pelaksanaan Lomba UKS dan terlibat aktif dalam mendorong sekolah-sekolah mengembangkan program tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar